Amalan dalam memperingati Isra Miraj 1442 H - masandri
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan dalam memperingati Isra Miraj 1442 H


Sumber m.bola.com


Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat islam. Menurut ulama, Isra Miraj terjadi satu tahun sebelum nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, pada tanggal 27 Rajab. Hal ini berdasarkan surat Al- Isra ayat 1 yaitu :

سُبۡحٰنَ الَّذِىۡۤ اَسۡرٰى بِعَبۡدِهٖ لَيۡلًا مِّنَ الۡمَسۡجِدِ الۡحَـرَامِ اِلَى الۡمَسۡجِدِ الۡاَقۡصَا الَّذِىۡ بٰرَكۡنَا حَوۡلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنۡ اٰيٰتِنَا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيۡعُ الۡبَصِيۡرُ

Subhaanal lazii asraa bi'abdihii lailam minal Masjidil Haraami ilal masjidil Aqsal- lazii baraknaa haw lahuu linuriyahuu min aayaatinaa;innahuu Huwas Samii' ul-Basiir.

"Maha suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagaian tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat".

Isra Miraj merupakan peristiwa saat Nabi Muhammad melakukan perjalan di malam hari yaitu dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu naik sampai ke langit ke tujuh, atau yang disebut Sidratul Muntaha.

Memperingati Isra Miraj sama dengan kembali mengingat bagaimana kekuasaan Allah yang Maha Agung atas dunia ini dan bagaimana sejarah sholat lima waktu pertama kali diperintahkan.

Berikut kami akan membahas mengenai hikmah, amalan, dan cara memperingati Isra Miraj.

1. Hikmah Isra Miraj

Melalui peristiwa Isra Miraj, umat islam mengenal perintah sholat 5 waktu untuk pertama kalinya. Shalat merupakan sebuah ibadah yang menjadi perantara komunikasi antara seorang hamba dengan Allah SWT.

Saat seorang shalat dengan khusyu atau fokus dan bersungguh -sungguh, hal tersebut merupakan upaya orang tersebut dengan berprasangka bahwa ia sedang melakukan komunikasi antara dirinya dengan tuhan. Hal inilah yang menyebabkan shalat dapat menjadi obat lahir dan batin bagi seorang hamba.

Dalam surat Al-ankabut ayat 45 :

اُتۡلُ مَاۤ اُوۡحِىَ اِلَيۡكَ مِنَ الۡكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ ‌ؕ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنۡهٰى عَنِ الۡفَحۡشَآءِ وَالۡمُنۡكَرِ‌ؕ وَلَذِكۡرُ اللّٰهِ اَكۡبَرُ ‌ؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُوۡنَ
Utlu maa uuhiya ilaika mional Kitaabi wa aqimis Salata innas Salaata tanhaa 'anil fahshaa'i wal munkar ;wa lazikrul laahi akbar; wal laahu ya'lamu maa tasna'uun.

"Bacalah kitab (Al-Quran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Ayat tersebut menyatakan  bahwa shalat memiliki manfaat dan fungsi lain yaitu merupakan upaya mujarab dalam menghalau perilaku keji dan munkar.

2. Cara memperingati Isra Miraj

Dalam memperingati Isra Miraj, terdapat hal positif yang bisa dilakukan. Umat muslim diseluruh dunia memperingati Isra Miraj dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah menceritakan kisah perjalanan nabi Muhammad kepada anak-anak kita. Selain itu, mengajak anak-anak untuk semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan membaca Al Quran.

Juga, melaksanakan rukun-rukun Islam dan tidak berlebihan dalam merayakan Isra Miraj.

3. Perbanyak istigfar dan dzikir

Terdapat sejumlah amalan yang bisa dilakukan untuk memperingati Isra Miraj salah satunya adalah memperbanyak istigfar atau memohon ampunan kepada Allah SWT.

Selain itu umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak istigfar atau memohon ampunan kepada Allah. Tak hanya itu, umat muslim juga diminta untuk membaca kalimat hauqalah, sayyidul istigfar.

Selain itu dalam perjalanan Isra Miraj ke langit ke -tujuh, Nabi Muhammad diajarkan berdzikir oleh Nabi Ibrahim. Dengan bacaan :

 لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّة َاِلَّا باِللهِ

Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya " Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah".

4. Puasa Rajab Juga Menjadi amalan dalam memperingati Isra Miraj

Amalan lain yang dapat dilakukan untuk memperingati Isra Miraj ialah umat muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa pada 27 rajab atau puasa sunah pada 10 hari pertama di bulan Rajab.

Puasa Rajab memiliki banyak keutamaan salah satunya yaitu mendapat pahala selayaknya puasa sebulan penuh, dicatat amalnya, dijauhkan dari pintu neraka dan dibukakan pintu surga.

5. Doa Rajab


اَللَّهُمَّ طَهِّرْ لِسَانِيْ مِنَ اْلكَذِبِ وَقَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَعَمَلِيْ مِنَ الرِّيَاءِ وَبَصَرِيْ مِنَ اْلخِيَانَةِ فَأِنَّكَ تَعْلَمُ خَائِنَةَ اْلاَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُوْرُ

Allahumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbi minan nifaaqi wa'amalii minar riyaa - i wa bashori minal khiyaanati fa innaka ta'lamu kho-inatal a'yuni wa maa tukhfish shuduuru.
Artinya " Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesungguhnya engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati".

Itulah, hikmah, cara memperingati Isra Miraj dan amalan yang dapat dilakukan saat memperingati Isra Miraj.

Sumber :https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/life/health/dela-fauzia/hikmah-dan-amalan-dalam-memperingati-isra-miraj
masandri.org
masandri.org Blog Personal Mengulas seputar dunia blogger, AdSense, Game, Islami dan Jasa pembuatan website SEO Responsive

Posting Komentar untuk "Amalan dalam memperingati Isra Miraj 1442 H "