Penjelasan Lengkap Attacking, Defensive, Advanced Instructions di PES

Biasanya ketika kita sudah memilih dan mengatur pola formasi sebelum pertandingan dimulai pada saat bermain game Pro Evolution Soccer, formasi dan Taktik sudah dapat dikatakan sudah selesai diatur dan akan berjalan dengan baik pada saat permainan dimulai nantinya, walaupun kita tidak perlu mengatur yang namanya

Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions.

https://pes.neoseeker.com/wiki/Sabatini

Apakah hal tersebut sudah benar?

Memang benar, karena di PES terdapat taktik bawaan yang sudah diatur otomatis didalam gamenya.

Akan tetapi, formasi bawaan serta taktik bawaan dari PES akan berjalan dengan lebih baik dan lebih optimal lagi apabila anda mengatur ketiga instruksi tersebut dengan menyesuaikan pola formasi yang kita pakai.

Istilahnya adalah mengoptimalkan formasi dengan taktik yang diatur.

Maka dari itu, pengetahuan mengenai apa itu Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions harus anda pahami terlebih dahulu agar pola formasi yang diterapkan cocok dengan instruksi taktik yang sudah diatur nantinya.

Simak dan baca penjelasan lengkapnya dengan baik dibawah ini.

1. Attacking Instructions PES

Attacking Instructions atau intruksi menyerang merupakan taktik serangan yang ingin kita terapkan dalam formasi di Pro Evolution Soccer. Pada intruksi inilah biasanya pemula kurang memahami bagian-bagian yang ada di dalam Attacking Instructions.

Anda perlu memahami semua penjelasan pada intruksi -intruksi yang ada di dalam bagian ini.

Lalu, bagaimana cara untuk memahaminya?

Disini kami akan menjelaskan arti dari intruksi-intruksi yang terdapat pada bagian Attacking Instructions.

Simak pembahasannya dibawah ini.

A. Attacking Style

Pada bagian ini terdapat dua pilihan gaya bermain yang kita terapkan, Yakni Possession Game dan Counter Attack.

Jika anda memilih gaya bermain Possession Game, tentu penguasaan bola lebih diutamakan dalam hal gaya permainan saat bertanding nantinya.

Cara kerja dari Taktik Possession Game ini adalah ketika salah satu pemian sedang membawa atau menguasai bola (sederhananya adalah pemain sedang mendribbling bola), pemain yang lainnya akan ikut membantu pemain yang sedang menguasai bola tersebut dengan selalu mendekati dan meminta bola terhadap si pemain yang sedang mendribbling bola ini.

Dan jika kita memilih gaya bermain Counter Attack, maka gaya menyerang dengan serangan baliklah yang diterapkan dalam hal gaya permainannya.

Cara kerja dari taktik Counter Attack ini adalah ketika tim musuh sedang menguasai bola, maka seluruh pemain akan cenderung lebih menunggu dan siap melakukan serangan balik jika terdapat celah ruang yang bisa dimanfaatkan pada lini pertahanan dari tim musuh.

B. Build Up

Ada dua pilihan juga pada bagian ini, yaitu Short-pass dan Long Pass.

Jika anda memilih Short-Pass, maka Build Up serangan yang di bangun akan menggunakan dengan cara umpan-umpan pendek dari pemain kita ke pemain lainnya dalam membangun serangan ke daerah lawan.

Lalu,  jika anda memilih Long-pass, maka Build-Up serangan yang akan dibangun, menggunakan cara dengan umpan-umpan panjang untuk menyerang ke daerah lawan.

C. Attacking Area / Attacking Zone

Untuk bagian Attacking Area/ Attacking Zone, terdapat pilihan Centre yang artinya area serangan akan berfokus dari tengah. Dan pilihan kedua yakni wide yang artinya area serangan akan berfokus dari samping pada bagian sisi kanan dan kiri.

D. Positioning

Terdapat dua pilihan disini, yakni Mantain Formation dan Flexible.

Dengan memilih maintain Formation, maka posisi pemain kita akan tetap pada posisinya masing-masing dari yang sudah anda tetapkan pada saat mengatur posisi pemain sebelum bertanding. Sehingga pemain tidak akan berpindah-pindah dari satu posisi ke posisi yang lainnya.

Dan jika Anda memilih Flexible, maka posisi dari tiap pemain akan berpindah dan bergerak secara dinamis, sehingga pemain akan meninggalkan tempat posisi yang seharusnya mereka tempati ketika tim sedang dalam fase menyerang. Maka dari itu, pemain akan berpindah tergantung dengan perencanaan taktik yang diterapkan sebelumnya.


E. Support Range

Support range ini merupakan jarak area support antalini pemain. Maksudnya adalah ketika satu pemian sedang menguasai bola maka otomatis pemain lainnya akan membantu si pemain tersebut dengan mendekatinya, sehingga Passing antar pemain menjadi lancar.

Cara kerjanya adalah jika anda mengatur levelnya semakin tinggi, maka jarak area support antar pemain akan semakin menjauh atau merenggang

Dan jika anda mengatur levelnya semakin rendah, maka jarak area support antar pemain akan semakin mendekat atau merapat.

2. Defensive Instructions PES

Defensive Instructions atau intruksi gaya bertahan merupakan taktik dalam melakukan fase bertahan ketika tim kita tidak sedang menguasai bola.

Ada beberapa bagian juga yang anda perlu pahami disini.

Apa saja itu?

Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

A. Defensive Style

Pada bagian ini, terdapat dua pilihan gaya bertahan yang ingin  anda gunakan, yaitu Frontline Pressure dan All-out defence.

Jika anda memilih Frontline Pressure, maka pemain kita akan menekan pemain lawan dengan cara menutup pergerakan dari si pemain lawan tersebut.

Maksudnya adalah ketika kita sedang  dalam fase bertahan atau ketika kita tidak sedang menguasai bola, pemain kita akan melakukan tekanan dari depan pemain lawan dengan cara menutup gerak lawan ketika mereka sedang menguasai bola.

Lalu jika anda memilih All-out Defense, maka ketika kita sedang tidak menguasai bola, seluruh pemain akan turun atau mundur kebelakang dan membentuk suatu tembok pertahanan untuk mencegah serangan dari lawan.

B. Containment Area

Ada dua pilihan di bagian ini, yakni middle dan wide.

Pilihan middle yaitu berupa bentuk garis pertahanan yang dibuat pemain kita untuk memotong jalan dari umpan-umpan yang dilakukan pemain lawan untuk diberikan ke daerah pertahanan kita.

Sehingga fokus pertahan di arahkan ke daerah tengah.

Pilihan wide yaitu berupa bentuk garis pertahanan yang dibuat pemain kita untuk memotong jalan dari umpan-umpan yang dilakukan pemain lawan untuk diberikan kedaerah pertahanan kitan

Sehingga fokus pertahanan di arahkan ke daerah tengah.

Pilihan wide yaitu berupa bentuk garis pertahanan yang dibuat pemain kita untuk memotong umpan-umpan dari pemain musuh yang berasal dari daerah samping pertahanan kita seperti posisi sayap kanan dan kiri yang kita punya.

Maka fokus pertahanan akan diarahkan ke daerah samping pertahanan kita.

C. Pressuring / Pressure

Dibagian Pressure atau gaya penekanan terhadap pemain lawan terdapat dua pilihan, yaitu Conservative dan Aggressive

Jika anda memilih Conservative, maka gaya penekanan terhadap pemain lawan yang dilakukan oleh pemain kita hanya sebatas menutupi pergerakan laju bola yang sedang mereka kuasai.

Lalu, jika anda memilih Aggressive, maka gaya penekanan terhadap pemain lawan akan dilakukan oleh pemain kita dengan cara si pemain ini akan berusaha merebut bola yang dikuasai oleh pemain lawan dengan menghampirinya dan menekannya secara agresif.

D. Defensive Line

Defensive line atau garis pertahanan bisa anda atur dengan menambah atau mengurangi bar focus pointnya.

Semakin penuh anda mengatur barnya, maka garis pertahanan akan semakin tinggi (cocok sekali jika anda yang ingin memakai taktik menyerang).

Dan jika semakin sedikit anda mengatur barnya, maka garis pertahanan akan semakin dalam (cocok sekali jika anda ingin memakai taktik bertahan).

E. Compactness

Compactness ini merupakan kerapatan pada lini pertahanan kita.

Semakin banyak barnya yang anda atur, maka kerapatan lini belakang semakin renggang atau saling berjauhan. Begitu sebaliknya jika semakin sedikit barnya, maka kerapatan lini belakang akan semakin merapat.

 3. Advanced Instructions PES


Di bagian Advanced Instructions ada dua bagian penting yang harus anda perhatikan, yaitu Attack / Offense dan Defence/Defence. Masing -masing terdapat 2 bagian Attack /Offense dan 2 bagian Defence/Defense.
Banyak pilihan instruksi taktik yang ingin anda gunakan dari masing-masing kedua bagian tersebut.

Kami akan menjelaskannya dari bagian Attack/ Offense terdahulu.

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

A. Pilihan Taktik Attack /Offense 1 dan 2

a.) False Full Backs

Taktik ini berfungsi untuk mendorong pemain yang berposisikan sebagai bek sayap masuk ke lini tengah untuk membantu proses penyerangan yang dilakukan oleh pemain kita.

b.) Centring Target

Taktik ini berfungsi mendorong penyerang yang kita miliki untuk masuk ke kotak pinalti lawan agar ketika pemain kita melakukan umpan silang dari sisi samping, pemain yang berada di tengah kotak pinalti dapat mengantisipasi umpan tersebut untuk diselesaikan menjadi gol.

c.) False no 9

Taktik ini berfungsi untuk penyerang tengah akan melakukan tugasnya sebagai penahan bola saat sedang dikuasai. Sehingga pemain sayap bisa maju untuk memberikan ruang terbuka agar bola dapat mengalir dengan baik.

d.) Tiki Taka

Biasanya penggemar dari klub asal kota Catulunia lebih luas pemahamannya mengenai taktik yang satu ini. Siapa lagi kalau bukan klub barcelona yang sering menggunakan taktik ini.

Ciri khasnya adalah sering kali menggunakan umpan-umpan pendek untuk membangun serangan ke daerah pertahanan lawan.


e.) wing rotation

Taktik ini berfungsi ketika pemain kita sedang membawa bola disisi samping, maka pemain sayap kita akan mundur untuk memberikan ruang pilihan Passing kepada si pemain yang memegang bola dan pemain lain akan maju menggantikan posisi pemain sayap tersebut.

 f.) Attacking full Backs

Taktik ini berfungsi untuk mendorong pemain bek sayap maju kedepan dalam membantu serangan.


g.) Hug of Touchline

Taktik ini berfungsi agar mendorong serangan yang dilakukan dari kedua sisi samping yakni diposisi sayap kanan dan kiri.

h.) Defensive

Taktik ini berfungsi agar pemain tidak terlalu menuju ke arah depan, sehingga ketika musuh sedang melakukan serangan balik pemain tetap berada di belakang garis pertahanan.

i.) False Winger

Taktik ini berfungsi ketika sedang melakukan penyerangan, maka pemain-pemain sayap akan menuju lini tengah untuk membantu penyerangan, serta pemain lain akan menggantikan posisi dari pemain sayap tersebut.

B.) Pilihan Taktik Defense 1 dan 2

a.) Gagenpress

Taktik ini berfungsi agar pemain kita menekan serta mengepung pemain lawan ketika mereka sedang menguasai bola. Namun, taktik ini cukup menguras banyak stamina pemain.

b.) Counter Target

Taktik ini berfungsi ketika salah satu pemain yang dipilih sebagai Counter Target, maka si pemain akan bergerak cepat untuk masuk ke daerah pertahanan lawan. Namun, ketika tim kita sedang bertahan, si pemain ini akan tetap didepan sambil menunggu umpan yang diberikan oleh pemain lain.

c.) Swarm The Box

Taktik ini berfungsi agar pemain kita mundur dan berkumpul atau merapat didaerah belakang kotak pinalti. Hal ini untuk mencegah umpan-umpan serangan yang dilakukan oleh pemain lawan ketika mereka menyerang.

d.) Deep Defensive Line

Taktik ini berfungsi untuk mendorong pemain bek kita agar mundur ke dalam atau kebelakang garis pertahanan tim ketika tim lawan sedang menyerang.

e.) Tight Marking

Taktik ini berfungsi agar pemain kita menjaga ketat pemain lawan yang dituju agar mereka sulit memasuki area kotak pinalti tim kita.

Berikut penjelasan mengenai Attacking, Defensive, dan Advanced Instructions yang sudah disampaikan di atas. Selain mengatur formasi, kita juga harus mengatur intruksi-intruksi yang sudah kami bahas tadi di atas.

Semoga dengan penjelasan tersebut, anda yang masih kurang paham dengan intruksi-intruksi yang ada di game Pro Evolution Soccer dapat memahami dengan sepenuhnya.
Terima kasih Semoga Bermanfaat
Sumber : https://www.bolagawai.com/2019/12/penjelasan-attacking-defensive-advanced-instructions-pro-evolution-soccer.html?m=1

No comments:

Powered by Blogger.