Cara menggunakan Aplikasi TIK TOK di Android - masandri
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan Aplikasi TIK TOK di Android

Mau bikin video keren? Anda tidak perlu menggunakan PC / laptop untuk dapat memiliki video yang kekinian. Pasalnya, saat ini sudah banyak sekali aplikasi edit video yang bisa anda gunakan di Android, contohnya aplikasi TikTok yang akan kami bahas kali ini.

Tik Tok merupakan Aplikasi untuk membuat dan mengedit video hits di kalangan anak muda zaman now. Ini merupakan aplikasi dimana anda harus merekam video terlebih dahulu barulah anda bisa mengedit dengan memberikan efek-efek menarik.

Banyak sekali fitur serta efek yang ditawarkan oleh aplikasi Tik Tok. Untuk durasi video, Tik Tok memperbolehkan Anda membuat video dengan kurun waktu kurang lebih 30 detik. Penasaran ingin coba Aplikasinya ? Baca dulu panduan cara menggunakan aplikasi Tik Tok berikut ini !.

Cara Download Tik Tok


Sebelum Anda mengetahui cara menggunakan aplikasi TikTok, tentunya Anda harus memiliki aplikasi TikTok terlebih dahulu. Tenang saja, Tik Tok merupakan aplikasi gratis yang bisa di download di GooglePlayStore. Cara mendownloadnya sangat mudah, berikut langkahnya :
  • Masuk ke Aplikasi PlayStore
  • Lalu, search di mesin pencari dengan mengetikan Tik Tok.
  • Kemudian, install aplikasinya.
Sangat mudah bukan ? Nah, namun jika anda merasa ribet harus mengikuti tiga langkah di atas maka Anda bisa langsung klik di sini untuk mendapatkan aplikasi TikTok. Kemudian anda bisa langsung klik install.

Log in Akun Tik Tok

Sudah memiliki aplikasi TikTok ? Nah, kini anda harus masuk atau Log in akun aplikasi TikTok terlebih dahulu. Mengapa? Jika Anda tidak Log in, maka anda mungkin akan kesulitan untuk menyimpan hasil rekaman dan edit video di TikTok. Juga, setiap hasil video yang anda buat akan secara otomatis disimpan kedalam draft akun TikTok anda. Beginilah cara Log in aplikasi TikTok :
  • Masuk ke dalam aplikasi TikTok yang sudah anda download sebelumnya.
  • Kemudian Anda bisa langsung klik simbol Orang yang ada di bagian pojok kanan bawah. 

  • Lalu, Anda bisa Log in dengan akun FB, Instagram, atau Google. Pilih salah satunya saja.

Begitulah cara Log in di TikTok, mudah dan simpel, bukan?.

Cara Merekam Video 

Yang paling utama sebelum mengedit video , Anda harus merekam video terlebih dahulu. Cara menggunakan aplikasi TikTok berikut ini bisa anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini :
  • Masuk ke Aplikasi TikTok yang sudah di download
  • Untuk merekam video, anda bisa langsung klik simbol plus (+) pada bagian tengah.
  • Kemudian, anda bisa langsung pilih genre musik yang diinginkan. Sedikit informasi bahwa anda bisa memilih genre lagu apapun, sebab TikTok memiliki daftar lagu yang cukup lengkap mulai dari lagu lokal, korea, juga western. Klik more untuk dapatkan berbagai genre lagu lainnya.

  • Setelah anda menentukan genre atau kategori lagu yang diinginkan, secara otomatis TikTok akan menampilkan semua daftar lagunya. disini kami mencoba memilih lagu GOT7 - if You do. Nah, maka kami klik lagu tersebut. Setelah itu klik confirm to use and begin shooting.


  • Anda juga bisa memilih tipe gerakan video antara epic, slow, normal, fast, atau flash, klik salah satunya saja.

  • Mau menambahkan efek yang lucu dan menggemaskan ? Anda bisa klik effects di bagian samping kiri. 
  • Jika sudah klik effects, maka secara otomatis TikTok akan menampilkan beragam efek yang bisa Anda download terlebih dahulu. Klik saja pada efek yang diinginkan dan secara otomatis efek tersebut akan diaplikasikan ke dalam video.
  • Nah, jika anda sudah merasa lengkap dan cocok dengan semua efeknya, maka langsung saja rekam videonya. Anda bisa klik HOLD. Namun jika anda merasa repot untuk terus  menekan hold, maka anda bisa menggesernya pada bagian Tap Shooting, jadi anda hanya perlu satu kali klik untuk merekam video, mudah kan?.

Cara Edit Video yang sudah Direkam

Nah, selesai merekam video maka tak lengkap rasanya jika belum di edit. Untuk mengeditnya pun sangat mudah dan simpel. Berikut Anda bisa ikuti beberapa cara disini :
  • Setelah selesai merekam, maka secara otomatis akan ditampilkan beberapa pilihan. Anda bisa langsung menyimpan hasil rekaman atau Anda ingin mengedit rekaman atau anda ingin mengedit rekaman terlebih dahulu. Nah, untuk mengeditnya, TikTok menyiapkan tiga fitur edit yaitu edit music , sound, dan special effects.
  • Mulai dari mengedit lagu, maka anda bisa langsung klik edit music. Fitur ini hanya untuk memilih bagian lagu saja, caranya dengan menggeser simbol kuning ke kanan dan ke kiri. Jika anda sudah memilih bagian lagu yang diinginkan, maka anda bisa langsung klik tanda checklist yang ada di dalam kotak berwarna pink.

  • Untuk mengedit suara, anda bisa langsung klik sound. Dengan fitur ini, anda bisa menentukan seberapa besar volume untuk orginal soundtrack dan soundtrack. Anda bisa menggeser setiap bulatan putih untuk menentukan volumenya. Setelah itu, anda bisa klik tanda checklist.

  • Sudah selesai dengan musik dan sound, saatnya anda menambahkan efek menarik untuk video. Caranya, anda bisa klik pada fitur special effects. Nah, dibagian  Filter effects, Anda bisa pilih beragam efek seperti shake, illusion, black magic dan lainnya, pilih dan klik salah satunya saja.
  • Setelah selesai dengan Filter Effects, anda bisa mengedit Time Effects. Guna dari Time Effects ini adalah untuk memberikan efek di durasi video tertentu. Klik salah satu efeknya, kemudian aturlah penempatan efeknya dengan menggeser bulatan hijau di bagian durasi video jika sudah dirasa cukup, anda bisa langsung klik save dibagian pojok kanan atas.
  • Nah, kini anda bisa menyimpan hasilnya dengan klik draft
  • Namun, jika anda ingin langsung mengupload ke sosial media maka klik post.
Perlu diketahui bahwa setiap video yang sudah direkam dan di-post hanya akan muncul didalam aplikasi TikTok saja. Jadi, hasil rekaman video anda tidak akan disimpan di dalam galeri ponsel.

Cara Melihat Video Rekaman di TikTok

Sedang tidak ingin membuat atau mengedit video? Nah, Anda juga bisa menonton hasil edit video para pengguna Tik Tok lainnya. Caranya sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke aplikasi Tik Tok dan langsung pilih simbol seperti planet.
  • Kemudian, Tik Tok akan menampilkan semua video karya orang lain. Nah, Tik Tok juga menampilkan setiap video terpopuler. Anda bisa klik salah satunya atau scroll down untuk mencari video yang ingin ditonton. Mudah dan seru, kan?
Seperti itulah cara mengggunakan aplikasi Tik Tok dengan mudah dan simpel. Anda bisa selalu eksis dengan cara yang kreatif dengan Aplikasi Tik Tok ini. Anda tertarik untuk mencobanya.?
Sumber referensi : https://carisinyal.com/cara-menggunakan-aplikasi-tik-tok/
masandri.org
masandri.org Blog Personal Mengulas seputar dunia blogger, AdSense, Game, Islami dan Jasa pembuatan website SEO Responsive

Posting Komentar untuk "Cara menggunakan Aplikasi TIK TOK di Android "

Berlangganan via Email