10 Objek Wisata Religi Jejak Nabi Muhammad SAW - masandri
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Objek Wisata Religi Jejak Nabi Muhammad SAW

Saat bosan dengan keindahan wisata alam, mengunjungi tempat wisata bersejarah menjadi hal mengesankan yang bisa anda coba. Ada cukup banyak tempat wisata bersejarah di dunia yang bisa anda datangi.


Mengunjungi tempat yang merupakan jejak Nabi Muhammad tentu sangat diidamkan oleh beberapa orang khususnya umat muslim. Ada banyak tempat yang kini dikenal sebagai tempat wisata jejak Nabi Muhammad yang masih ramai didatangi pengunjung.

Berikut daftar 10 wisata Jejak Nabi Muhammad yang bisa anda datangi.

10 Wisata Jejak Nabi Muhammad 

1. Masjidil Haram


Berkunjung ke tempat wisata memang menjadi dambaan semua orang. Namun, pernahkah anda mengunjungi wisata jejak Nabi Muhammad SAW? Nah, jika belum anda bisa mengunjungi Masjidil Haram yang berlokasi di Mekkah. Tempat tersebut merupakan salah satu tempat bersejarah serta dianggap suci bagi umat muslim.

Masjidil Haram merupakan tempat berdirinya Kakbah. Tempat inilah yang menjadi tujuan utama umat Islam untuk melaksanakan ibadah haji. Masjidil Haram juga merupakan masjid yang pertama kali berdiri di muka bumi. Dahulu, di mekkah tepatnya di bukit shafa Nabi Muhammad mendakwahkan agama islam kepada kaum Quraisy Mekkah. Tak heran jika Masjidil Haram menjadi tempat yang sangat ingin didatangi oleh umat muslim.

2. Gua Hiro


Gua Hiro atau Gua Hira juga menjadi salah satu wisata jejak Nabi Muhammad yang membuat banyak umat muslim penasaran dengan keberadaannya. Gua yang satu ini merupakan tempat yang sangat bersejarah bagi umat islam. Di tempat inilah Nabi Muhammad mendapat wahyu pertama yakni surat al-alaq ayat 1-5.

Gua Hiro kini menjadi tempat yang dipilih untuk ziarah saat ibadah haji, termasuk juga jamaah dari indonesia. Tidak hanya bersejarah dan menjadi napak tilas Nabi Muhammad, tempat yang satu ini juga menawarkan bentuk yang sangat indah untuk dinikmati.

3. Baitul Maqdis


Ada cukup banyak tempat wisata jejak nabi Muhammad yang sangat menarik untuk di datangi. Baitul Maqdis menjadi salah satu tempat yang sayang untuk di lewatkan. Dulunya Baitul Maqdis digunakan sebagai tempat singgah Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan Isra Mi'Raj. Di sekitar Baitul Maqdis tempat Masjidil Aqsa dikenal sebagai kiblat umat muslim diseluruh dunia.

Baitul Maqdis berlokasi di kompleks kota Yerusalem, Palestina. Tempat yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan hingga saat ini untuk menikmati bangunan kuno yang indah dan menakjubkan. Tempat yang satu ini juga merupakan saksi bisu dimana perintah sholat pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

4. Bethlehem


Saat berencana untuk mengunjungi salah satu wisata jejak Nabi Muhammad, Anda bisa datang ke kawasan Bethlehem. Tempat yang merupakan kota tua ini telah lama dikenal sebagai tempat wisata rohani yang bisa dikunjungi di Palestina.

Bethlehem merupakan kota tua indah yang diperkirakan telah dihuni sejak 3000 tahun sebelum masehi. Selain bangunan kota tua, kawasan ini juga menyebutkan perbukitan yang indah dan memiliki ketinggian hingga 765 mdpl. Salah satu temat wisata bersejarah yang sayang untuk anda lewatkan.

5. Gunung Uhud


Gunung Uhud merupakan tempat wisata jejak Nabi Muhammad yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Kota Madinah. Tidak jarang jamaah haji selalu menyempatkan mampir dan berkunjung ke Gunung yang satu ini. Gunung yang satu ini memiliki sebutan Gunung Uhud dikarenakan pada zaman dulu ditemukan seorang yang bernama uhud dan bermukim di kaki Gunung tersebut.

Gunung Uhud memiliki bentuk yang memanjang ke sejumlah wilayah dan menyatu hingga 7 kilometer. Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa Gunung Uhud merupakan Gunung yang bisa dijumpai di surga kelak. Saat berada di Madinah, gunung yang satu ini sayang untuk anda lewatkan.

6. Masjid An Nabawi


Berlibur dan berkunjung ke tempat wisata merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Tapi, pernahkah anda mengunjungi wisata jejak Nabi Muhammad SAW ? Nah, jika belum pernah, anda bisa menjadikan Masjid Nabawi menjadi tempat tujuan wisata bersejarah Anda. Dahulu, masjid tersebut didirikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah dari Mekkah.

Hingga saat ini, masjid Nabawi masih masuk kedalam daftar kunjungan bagi umat muslim ketika berkunjung ke Arab Saudi. Lokasinya pun mudah ditemui, yakni berada di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Masjid yang satu ini juga masuk ke dalam daftar masjid terbesar di dunia. Tidak hanya itu, dalam sejarah islam, Masjid Nabawi juga merupakan masjid ke tiga yang dibangun. Tak heran, jika umat muslim selalu datang ke Masjid Nabawi ketika berada di Arab Saudi.

7. Masjid Jiranah


Saat ingin berlibur ke tempat wisata bersejarah, wisata jejak Nabi Muhammad SAW bisa menjadi pilihan tepat khususnya bagi Anda umat muslim. Masjid yang satu ini menjadi saksi bisu dimana Nabi Muhammad bermiqat sebelum melakukan umrah. Untuk saat ini, Masjid Jiranah menjadi lokasi miqat Muslim Dunia.

Di tempat ini juga Nabi Muhammad hampir diracun oleh para musuh dengan cara membubuhkan zat mematikan pada sumur yang digunakan untuk mengambil minum. Namun hal itu gagal karena malaikat Jibril memberi tahu Rasulullah untuk tidak meminum air tersebut. Saat ini, sumur tersebut telah ditutup karena banyak orang yang penasaran dan mengambil gambar di tempat bersejarah tersebut.

8. Gunung Sinai

dream.co.id

Saat menginginkan untuk berlibur ke wisata jejak Nabi Muhammad, Gunung Sinai bisa menjadi tujuan yang tepat. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian hingga 2285 mdpl. Sinai menjadi tempat oleh malaikat jibril kepada Nabi Muhammad selama melakukan perjalanan Isra Mi'Raj. Tidak hanya itu, gunung Sinai juga merupakan tempat di mana Allah berbicara langsung kepada Nabi Musa.

Gunung Sinai juga memiliki sebutan lain yakni Gunung Tursina. Lokasi dari gunung yang satu ini berada di semenanjung Sinai, Mesir. Saat menginginkan untuk datang ke tempat wisata bersejarah yang sekaligus merupakan napak tilas Nabi Muhammad SAW, Gunung yang satu ini bisa menjadi tujuan yang tepat.

9. Masjidil Aqsa

travel.detik.com

Masjidil Aqsa menjadi Masjid tertua setelah Masjidil Haram yang juga merupakan wisata jejak Nabi Muhammad SAW. Di Masjidil Aqsa terdapat Baitul Maqdis yakni tempat Nabi Muhammad SAW berangkat menuju ke  Sidratul Muntaha dengan cara melewati langit yang berlapis-lapis. Setelah itu Nabi Muhammad SAW menghadap Allah SWT dan mendapat perintah untuk sholat 5 (lima) waktu.


10. Bukit Arafah

merdeka.com

Salah satu tempat bersejarah yang merupakan wisata jejak Nabi Muhammad SAW adalah Bukit Arafah. Di bukit yang satu ini Rasulullah pernah menyampaikan khotbah perpisahan haji terakhir. Kini Bukit Arafah selalu ramai akan jamaah haji yang menghabiskan waktunya untuk berdoa kepada Allah Swt serta meminta ampunan dan doa. Indahnya Bukit Arafah akan sangat sayang untuk dilewatkan saat berada disana.

Nah, di atas merupakan 10 tempat wisata Jejak Nabi Muhammad SAW yang bisa anda datangi khususnya bagi umat muslim. Tempat manakah yang paling ingin Anda datangi.
Semoga Bermanfaat

Sumber :https://www.google.com/amp/s/www.gotravelly.com/blog/10-wisata-jejak-nabi-muhammad/
masandri.org
masandri.org Blog Personal Mengulas seputar dunia blogger, AdSense, Game, Islami dan Jasa pembuatan website SEO Responsive

Posting Komentar untuk "10 Objek Wisata Religi Jejak Nabi Muhammad SAW "

Berlangganan via Email