Cara meningkatkan pendapatan adsense - masandri
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meningkatkan pendapatan adsense

Sobat mungkin sudah banyak mendengar tentang cara meningkatkan penghasilan adsense, karena banyak blog yang sudah membahas tentang hal ini. Tapi sobat  mungkin tidak menyadari beberapa strategi yang akan meningkatkan penghasilan adsense sobat sebagai pemula, baiklah berangkat dari pengalaman saya akan berbagi dengan sobat.

Sumber seoanaksholeh.com


Bagaimana strategi jitu meningkatkan penghasilan adsense

Ini khusus pemula, tapi sebaiknya dilakukan dari awal. Menghasilkan uang dari google adsense itu mudah, tidak perlu keahlian tertentu tentang investasi atau mahir tentang membuat uang secara online menggunakan adsense. Yang cukup kita lakukan adalah menulis dan menulis saja itu intinya.

Sobat bisa lihat sendiri bahwa dalam tab earning/ penghasilan pasti bertambah setiap hari. Yang jadi pertanyaan adalah beberapa peningkatannya? Saya tidak akan bicara tinggi-tinggi.

Apakah cukup puas dengan penghasilan yang segitu-gitu aja? Jujur, di awal-awal memasang kode unit iklan adsense pertama, saya membutuhkan waktu 8 bulan mendapatkan gaji adsense perdana. Dan uang yang saya dapatkan adalah batas minimal ambang pembayaran. Yaitu 100 dollar koma sekian.

Baiklah, ini berdasarkan pengalaman saya yang mungkin bisa menjadikan sobat untuk lebih meningkatkan  penghasilan adsense. Jadikan patokan untuk tidak lebih dari 8 bulan seperti yang pernah saya alami pertama kalinya.

Strategi konten untuk traffik blog

Saran saya, sobat jangan terlalu ambil pusing memikirkan penghasilan Adsense dulu. Pikirkan dulu waktu di bawah 8 bulan untuk membuat konten dan menghasilkan traffik. Tidak hanya ratusan pengunjung setiap hari, tetapi ribuan pengunjung unik setiap hari.

Yang menjadi pertanyaan, apakah ini keberatan buat sobat?

Itu artinya penghasilan anda akan mengalir terus -menerus, bahkan lebih banyak, dan mencapai batas minimal yang saya bisa peroleh, dari 8 bulan semenjak gajian adsense pertama kali.

Sederhana saja

Untuk meningkatkan penghasilan adsense sobat sebagai pemula, yang sobat butuhkan adalah content rich site yaitu membuat konten yang berkualitas dan banyak bermanfaat bagi banyak orang. Dalam arti memberikan pengertian secara jelas dan mampu memberikan nilai informatif bagi pengunjung.

Ini yang harus sobat buat dalam konten :

  • Menemukan dan membuat konten populer di niche sobat
  • Membuat konten jauh lebih bagus dari blog lain
  • Membuat promosi yang tepat sasaran
Itu tiga modal yang harua sobat lakukan dalam menulis konten, perhatikan untuk setiap artikel bisa memberi nilai lebih bagi pengunjung dan sekiranya banyak memberikan banyak manfaat.

Langkah selanjutnya adalah untuk memperoleh dan mendapatkan traffik sebanyak -banyaknya.

Strategi SEO untuk konten dan meningkatkan traffik

Optimasi SEO (Search Engine Optimation) adalah kunci untuk meningkatkan penghasilan adsense sobat. Tanpa SEO, akan membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bahkan sampai tahunan untuk mendapatkan lalu lintas yang layak dari Google.

Tidak perlu optimasi berlebihan pada artikel sobat, karena google tidak suka over dalam SEO. Setidaknya sobat perlu memahami bagian penting dalam blog sobat agar mudah terbaca dalam mesin pencari.

  • Buatlah artikel yang orginal menurut niche anda
  • Buatlah artikel dan minimal update 1 artikel setiap hari berturut-turut dalam 3 bulan pertama.
  • Promosi artikel, ini saya tidak jelaskan. Sudah banyak blog  yang membahas tentang cara promosi artikel
  • Konsisten
Jangan lupa untuk mengoptimasi kata kunci, sebab ini juga sangat penting . Karena dengan kata kunci yang tertarget, banyak peluang untuk memunculkan artikel dan konten sobat di hasil pencarian google.

Mengalahkan persaingan di hasil pencarian di google

Banyaknya persaingan artikel dan konten akan membuat sobat frustasi, untuk mendapatkan peluang besar dan memposisikan artikel sobat di 10 besar pencarian google. Bahkan banyak topik sama dan di ulas sesama blogger.

Strategi untuk berpeluang dan memenangkan hasil pencarian di google ini sudah saya bahas lengkap pada artikel sebelumnya. Intinya kita gunakan teknik skyscraper. Tidak perlu terlalu dipikirkan secara serius jika sobat bingung.

Tapi yang satu hal sobat harus membuat artikel yang jauh lebih berkualitas, lengkap dan penjelasannya yang detail melebihi kompetitor sobat yang sudah menduduki peringkat SERP google.

Strategi meningkatkan penghasilam Adsense dengan high paying keyword

Baiklah, kita sekarang masuk ke tahap yang berhubungan dengan adsense. Ini juga termasuk bagian penting dalam meningkatkan penghasilan adsense. Saya akan gambarkan ilustrasi secara sederhana.

High paying keyword (HPK) adalah kata kunci yang memiliki nilai CPC (Cost per clik / biaya per klik) tinggi yang diberikan oleh pihak pengiklan atau biasa disebut Adertiser.  

Kita bisa menggunakan beberapa tools untuk menemukan high paying keyword, beberapa tools yang sudah populer adalah SEMRush atau wordtracker. Tapi semua itu rata-rata berbayar.

Kita bisa menggunakan fasilitas gratis dari google yaitu Google Keyword planner, tools ini menyediakan berbagai kriteria data untuk setiap kata kunci, seperti persaingan pengiklan, volume pencarian, perkiraan biaya per klik (untuk iklan Adwords).

Tidak semua kriteria ditampilkan secara default, tetapi kita memiliki pilihan untuk mengubah kriteria atau memfilternya.

Mengapa analisa high paying keyword penting ?

Kembali kepertanyaan awal, mengapa penghasilan Adsense kecil dan cenderung tidak meningkat? Salah satu faktornya adalah tidak menerapkan penggunaan paying keyword

Apa itu high paying keyword dalam Adsense

High paying keyword adalah kata kunci yang banyak diperebutkan, karena nilai atau harganya yang sangat tinggi, secara logika tingkat persaingan pun menjadi tinggi, sebab banyak web atau blog mengincar high paying keyword.

Salah satunya adalah untuk lebih meningkatkan pendapatan google adsense. Ini rasional, sebab persaingan produk iklan juga berlaku bagi para advertiser (pengiklan).

Dengan menganalisa dan mengetahui tingkat persaingan, kita masih mendapatkan kesempatan untuk menerapkan high paying keyword kedalam artikel atau postingan blog.

Strategi Penempatan iklan untuk memaksimalkan pendapatan Adsense

Penempatan iklan sangat berpengaruh untuk faktor meningkatkan penghasilan adsense. bagi saya sendiri penempatan iklan adsense yang bagus adalah di area posting, karena saat pengunjung datang ke blog kita akan fokus dan melihat isi artikel. Ini saya sudah saya terapkan dan terbukti efektif.

Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya penghasilan adsense, karena letak serta posisi yang terbaik untuk iklan adsense adalah di tempat yang strategis. tetapi kita juga harus mengikuti aturan Kebijakan Penempatan Iklan Adsense

Praktek terbaik untuk penempatan iklan

Selain di sidebar dan header pada template blog, saya lebih suka untuk menempatkan iklan langsung pada konten. Dan hal ini sangat mudah. Jika dalam wordpress kita bisa menggunakan plugin Quick adsense plugin ini termasuk plugin lama, sangat efektif dan sangat mudah digunakan.

Strategi menentukan ukuran unit iklan adsense

Selain menempatkan iklan, untuk mengukur dan meningkatkan penghasilan adsense adalah menentukan ukuran unit iklan. Kita bisa baca Panduan Ukuran Iklan Tersukses di halaman adsense lebih jelasnya.

Sebagai acuan sederhana, ukuran yang lebar cenderung berkinerja lebih baik dari pada iklan yang memanjang karena lebih mudah dibaca. Pembaca menyerap informasi dalam "unit pikiran", hanya beberapa kata dalam satu waktu.

Dalam strategi ini saya memodifikasi ukuran iklan agar sesuai dengan layar perangkat yang digunakan oleh pengunjung, selain tampilan pada destop modifikasi iklan ini berlaku untuk penyesuaian layar ponsel cerdas.

Ukuran iklan berkinerja baik

  • Unit iklan adsense ukuran 300 x 250 Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan adsense bila iklan gambar di aktifkan

  •  Unit iklan adsense ukuran 336 x 280 - ukuran iklan ini termasuk faforit saya, berkinerja baik bila disematkan dalam konten teks atau dibagian akhir artikel
  • Unit iklan adsense 728 x 90 juga dikenal sebagai " kotak besar" cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan
  • Unit iklan adsense ukuran 300 x 600 atau sering disebut skyscraper, atau sepanduk besar. Unit iklan ini banyak ketersediaan dari inventori dan rata-rata mempunyai harga klik yang mahal.
  • Unit iklan adsense ukuran 320 x 100 - juga dikenal sebagai "spanduk seluler besar" dapat digunakan sebagai alternatif untuk 350 x 50 dan 300 x 250, iklan ini menawarkan "spanduk utama seluler".

Harap diperhatikan juga tentang jumlah maksimal iklan adsense yang diperbolehkan dalam satu halaman. Ini juga penting dalam meraih dan meningkatkan pendapatan adsense. Tetapi harus sesuai dengan jumlah pemasanngan iklan yang sudah ditetapkan adsense dalam satu laman.

Strategi modifikasi iklan Adsense

Perlu diketahui, bahwa untuk modifikasi iklan adsense ini harus sesuai dengan prosedur dan kebijakan adsense, jadi kita tidak mengubah apapun dalam kode unit iklan, selain yang hanya diperbolehkan dalam ketentuan modifikasi iklan Adsense 

Ini adalah beberapa modifikasi kode iklan Adsense yang dapat diterima atau diperbolehkan oleh pihak Google Adsense :

  • Desain responsiv
  • Pengujian A/B
  • Menetapkan saluran khusus secara dinamis
  • Minimisasi Tag iklan
Untuk modifikasi iklan adsense ini saya menggabungkan desain responsiv sekaligus minimisasi tag iklan dengan CSS media. Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Dan yang paling istimewa, jika sobat menempatkan ukuran iklan adsense responsive, maka hasilnya akan tampak memenuhi ruang posting (menjadi besar). Artinya iklan akan mengikuti layar sesuai area posting.

Strategi meningkatkan penghasilan adsense dengan saluran khusus

Ini juga sangat penting dan mempengaruhi pendapatan adsense sobat. Dengan membuat custom channel (saluran khusus) iklan yang kita pasang akan lebih tertarget, karena dalam saluran khusus tersebut kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan kehendak kita.

Saluran khusus adsense ini nantinya akan di lihat oleh pihak pengiklan (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, sehinggaa akan terjadi penawaran.


Keuntungan membuat saluran khusus adsense

  • Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk di tayangkan kepada blog yang benar -benar sesuai dengan kategori iklannya.
  • Pihak pengiklan akan merasa di untungkan, karena iklannya di lihat oleh orang (pengunjung) yang tepat. Begitu juga pihak penayang iklan (pubisher) akan merasa diuntungkan juga, karena nilai iklan tertarget akan lebih tinggi nilai CPC nya dari pada iklan yang tidak di targetkan melalui saluran khusus.
  • Iklan akan tampil relevan menyesuikan dengan artikel, ini berarti peluang unuk meningkatkan penghasilan adsense akan lebih besar. Karena iklan yang relevan mempunyai nilai klik yang tinggi. Dapat melacak kinerja iklan sekaligus memantau iklan mana yang kurang berpotensi baik, sehingga kita bisa menggantinya dengan unit iklan dengan ukuran baru.

Strategi optimalkan ruang terbatas dengan unit iklan tautan

Unit iklan tautan sangat efektif untuk konten yang lebih fokus, yang pengunjungnya cenderung mencari informasi yang spesifik. Format unit tautan yang beragam juga lebih menghemat ruang, tentunya harus disesuikan dengan desain blog sobat.


Unit tautan responsiv

Meskipun pihak adsense sudaj menyediakan unit iklan tautan dengan beberapa ukuran, alangkah bagusnya jika menempatkan unit iklan responsive. Jadi lebih menghemat ruang dan tampilannya akan menyesuikan pada perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Apakah diperbolehkan menempatkan iklan unit tautan bersama iklan standar adsense

Simak keterangan dari link bantuan adsense dibawah ini

Kami sarankan untuk menggabungkan unit tautan ke lokasi baru dan tidak biasa di seluruh situs anda. Perhatikan bahwa tiga unit tautan per laman dapat ditempatkan pada laman tersebut selain tiga unit iklan Adsense standar


Strategi filter iklan / mencekal iklan adsense

Baca ini terlebih dahulu sebelum melakukan filter atau mencekal iklan adsense.

Apa ini cara yang tepat untuk meningkatkan pengahasilan adsense? Opsi ini memang disediakan oleh google adsense untuk tidak menampilkan jenis atau kategori iklan tertentu di halaman blog kita. Tetapi ini bukan cara yang paling tepat untuk  meningkatkan penghasilan adense.


Banyak pandangan yang salah mengenai hal ini, jika kita filter iklan maka nilai iklan akan tinggi, karena hanya iklan tertentu saja sesuai dengan kategori  blog yang akan tampil.

Benarkah demikian

Nilai CPC atau BPK selamanya kita tidak akan pernah tau, sebab ini hanya rahasia antar pihak advertiser dan google. Jadi sekali lagi ini pandangan yang sangat salah dalam meningkatkan penghasilan adsense dengan cara filter iklan.

Apa yang seharusnya di filter


Mencekal iklan menurut kategori sensitif : sobat dapat mencekal iklan dari kategori yang terkait dengan topik sensitif seperti Agama, Politik, dan berkaitan dengan konten dewasa.

Mencekal iklan yang tidak mendukung bahasa : banyak iklan dengan bahasa lain yang berseliweran menghampiri blog kita, untuk itu kita bisa mencekal, agar iklan keluar lebih relevan.

Selebihnya kita tidak usah melakukan pencekalan iklan, karena cukup dengan saluran iklan adsense kita bisa mendapat tampilan iklan yang lebih relevan di blog kita.

Studi kasus hasil laporan tentang nilai BPK iklan Adsense

Untuk meningkatkan penghasilan adsense secara realita dan konstan seperti yang sudah saya jabarkan di atas, dan yang paling penting adalah kualitas konten haruslah diutamakan. Saya sendiri masih percaya bahwa kualitas konten adakah salah satu penentu tinggi rendahnya nilai iklan.

Di saat blog lain mengalami penurunan nilai BPK (biaya per klik) secara signifikan, blog inii masih bisa stabil walaupun anjlok pada nilai terendah, tetapi sifatnya hanya sementara saja. Ingat prioritas konten bagi pengguna adalah hal wajib. Dan tentunya harus diaplikasikan dalam membuat sebuah artikel.

Nilai BPK yang stabil dan meningkat secara konstan

Dengan nilai BPK (biaya per klik) yang tinggi, maka kita akan berpeluang mendapatkan penghasilan adsense yang lebih tinggi. Contoh yang paling mudah saja, jika sobat mendapatkan klik 10 kali dengan nilai BPK 0.03$ maka saya akan lebih unggul penghasilan dengan jumlah 1 klik saja untuk iklan.

Catatan

Banyak sekali yang menentukan nilai iklan, disamping unit ukuran, format iklan dan ketersediaan lelang iklan. Tergantung durasi (RPM) halaman, jika dalam waktu dekat dan bersamaan terjadi klik. Bisa dipastikan BPK akan mengikuti nilai sebelumnya. (Turun).

Dan jika hanya muncul banyak tampilan tanpa ada terjadi klik dalam rentang waktu lama, bisa dipastikan nilai BPK beranjak naik lagi.

Kesimpulannya nilai BPK sendiri bisa berubah-ubah dalam 1 hari. Tapi yang pasti dengan nilai BPK awal yang tinggi, maka peluang untuk mendapatkan nilai iklan akan semakin tinggi pula.

Studi kasus laporan tentang jumlah klik dalam 1 hari

Untuk berpeluang menghasilkan jumlah klik yang banyak, maka traffik blog kita harus memadai. Jika hanya mengandalkan trafik 500 unik visitor setiap hari, maka saya rasa  itu belum cukup untuk menghasilkan dollar yang maksimal dari adsense.

Untuk minimal trafik yang ideal adalah 1000 unik visitor setiap hari, maka jumlah atau peluang klik akan semakin bertambah banyak. Jadi yang belum bisa meningkatkan trafik kurang dari itu, saya sarankan untuk tetap rajin update artikelnya setiap hari.

Kesimpulan :

Sederhana saja, untuk meningkatkan penghasilan adsense yang diperlukan adalah
  1. Konten berkualitas
  2. Jumlah trafik blog setiap hari
  3. Memaksimalkan iklan di blog
Sudah itu saja, jangan berpikir yang lain-lain. Yang dipikirkan adalah bagaimana hari ini menulis dan bagaimana besok menulis konten.
masandri.org
masandri.org Blog Personal Mengulas seputar dunia blogger, AdSense, Game, Islami dan Jasa pembuatan website SEO Responsive

Posting Komentar untuk "Cara meningkatkan pendapatan adsense"

Berlangganan via Email