Maskapai Penerbangan Indonesia Terbaik - masandri
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maskapai Penerbangan Indonesia Terbaik

Dunia dirgantara indonesia kini telah berkembang semakin cepat. Bahkan pesawat terbang telah menjadi transportasi yang paling digunakan oleh orang indonesia ketika berpergian. Berdasarkan data dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan bahwa pada tahun 2017 terjadi pertumbuhan jumlah penumpang pesawat hingga 9%. Harus kita akui, belakangan ini sering terjadi kecelakaan yang melibatkan si burung besi ini namun data yang masih menunjukan pesawat sebagai mode transportasi yang paling aman, membuat orang indonesia tetap menggunakannya. Selain itu faktor efisiensi sehingga cepat sampai tujuan juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang menaiki pesawat terbang.

Suatu maskapai penerbangan memiliki peran yang sangat penting untuk meminimalisir kecelakaan yang terjadi di dunia penerbangan tanah air. Yang pasti, pihak maskapai harus menggunakan pesawat terbaik dan layak terbang untuk mengurangi resiko atau hal-hal yang tidak diinginkan. Setiap maskapai tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun yang paling penting standar keselamatan yang dierapkan harus benar-benar baik demi kebaikan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi mengenai daftar maskapai terbaik di tanah air berdasarkan kriteria seperti keselamatan, kepuasan penumpang, harga tiket, ketepatan jadwal, hiburan, kebersihan kabin, kualitas makanan, efisiensi layanan, dan berbayar faktor lainnya. Maskapai penerbangan apa sajakah itu?

1. Garuda Indonesia


Garuda Indonesia, menjadi salah satu maskapai terbaik dengan segala pelayanannya yang begitu istimewa. Meskipun dahulu pernah terjadi boikot penerbangan menuju Eropa karena kecelakaan yang menimpa Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan 200, tetapi setelah peristiwa mematikan tersebut tepatnya satu tahun setelah kejadian, maskapai ini menerima penghargaan IATA Operational Safety Audit ( IOSA) dari IATA yang menunjukan Garuda Indonesia telah memenuhi standar keselamatan penerbangan Internasional. Berbagai peningkatan pelayanan dan kualitas pesawat membuat maskapai yang satu ini menjadi salah satu yang terfavorit dan paling banyak digunakan.

2. Citilink

Citilink merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia. Yang menjadi salah satu keunggulan dari maskapai ini yaitu harganya yang cukup murah sehingga dapat menjangkau semua kalangan. Citilink pertama kali mengudara pada tahun 2001 dan sekitar 11 tahun kemudian baru bergabung dengan Garuda Indonesia dengan total lebih dari 15 pesawat terbang. Bandara penghubung utama maskapai Citilink adalah Bandar Udara Internasional Juanda dan melayani berbagai rute penerbangan untuk daerah Jawa, Sumatera, dan Nusa Tenggara.

3. Sriwijaya Air


Sriwijaya Air menjadi maskapai penerbangan terbesar ketiga yang ada di indonesia. Baru-baru ini, maskapai Sriwijaya resmi bergabung dengan Garuda Indonesia bersama anak perusahaannya yaitu NAM air. Dan yang paling hebat, standar keamanan penerbangan Sriwijaya Air adalah yang paling terbaik diantara maskapai lainnya. Tentu hal ini dapat memberikan rasa aman kepada para penumpang. Tak hanya melayani rute penerbangan dalam negeri, Sriwijaya Air juga melayani penerbangan Internasional menuju beberapa negara seperti Malaysia, Timor Leste, dan Tiongkok.

4. Lion Air


Soal jumlah pesawat, mungkin Lion Air yang paling banyak. Selain itu maskapai ini juga melayani penerbangan menuju daerah terpencil yang tidak bisa dilalui pesawat lain. Namun beberapa catatan buruk mengenai kecelakaan yang sering terjadi pada pesawat Lion Air membuat saya tidak menempatkannya dalam posisi tiga besar. Namun, melihat harganya yang cukup terjangkau, membuat maskapai yang satu ini sejatinya masih layak dianggap sebagai salah satu maskapai terbaik di negeri ini. Lion Ait hingga kini masih menjadi maskapai swasta terbesar di Indonesia.

5. Air Asia


Sebenarnya maskapai ini bukan berpusat di Indonesia, melainkan di Kuala Lumpur Malaysia. Namun maskapai Air Asia melayani penerbangan dari luar negeri ke dalam negeri dan sebaliknya. Adapun beberapa negara yang masuk rute maskapai yang satu ini adalah Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam. Harga relatif murah juga menjadi keunggulan utama Air Asia Indonesia.

6. Batik Air

Batik Air juga merupakan bagian dari Lion Air yang melakukan penerbangan pertama pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2013 dari Jakarta ke Manado. Walaupun maskapai ini masih terbilang muda, namun mampu memuaskan para penumpangnya berkaitan dengan pelayanan dan keamanan. Batik Air melayani arah penerbangan menuju berbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri menuju negara di Asia Tenggara dan Asia Barat. Dan yang terbaru, maskapai ini resmi membuka rute baru menuju bandara ALAT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Selatan.

7. Wings Air

Sama seperti Batik Air, Wings Air juga merupakan anak perusahaan dari Lion Air. Wings Air pertama kali beroperasi sejak tahun 2003 dan mengoperasikan penerbangan domestik keseluruh Indonesia dan dua penerbangan Internasional menuju Negara Malaysia. Untuk rute Internasional, maskapai ini melayani penerbangan menuju Penang dan Malaka di Malaysia seperti rute Lion Air.

8. NAM Air

NAM Air merupakan bagian dari SriWijaya Air yang kini telah resmi bergabung dengan maskapai Garuda Indonesia. Maskapai ini didirikan pada tahun 2013 yang mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 Winglet dengan konfigurasi 120 kursi dan pesawat ATR 72-600 dengan 72 kursi kelas ekonomi. Soal rute terbang, NAM Air melayani hampir seluruh wilayah Indonesia menuju Bandar Udara Internasional Presidente Nicolau Lobato di Dili, Timor Leste.

9. Xpress Air


Maskapai penerbangan yang satu ini berpusat di Makassar, Sulawesi selatan dengan fokus penerbangan menuju wilayah Timur di Indonesia. Soal keamanan, maskapai ini tidak bisa dianggal remeh. Menurut otoritas Penerbangan Sipil Indonesia, maskapai Xpress Air dikategorikan dalam kategori 2 untuk kualitas keamanan penerbangan. Selain menuju Indonesia Timur, maskapai ini juga menyediakan rute perjalanan menuju negara tetangga Malaysia (Bandara kuching dan Bandara Malaka).

10. Kalstar Aviation

Maskapai penerbangan Kalstar Aviation berpusat di Serpong, Tanggerang Banten dan telah memenuhi kategori satu dari Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia berkaitan dengan kualitas keselamatan penerbangan. Kalstar Aviation memfokuskan pada rute menuju bandara di daerah kalimantan dan beberapa daerah di Sumatera. Namun sayangnya, maskapai ini masih belum membuka rute penerbangan menuju luar negeri.

Itulah beberapa maskapai terbaik yang ada di indonesia. Bagaimana, keren-keren bukan? Jika sobat mencari maskapai dengan kualitas terbaik ke sepuluh daftar di atas bisa dipilih. Manakah maskapai penerbangan yang sering sobat gunakan ? Bagikan pengalaman di kolom komentar.

Sumber artikel : www.centerklik.com
masandri.org
masandri.org Blog Personal Mengulas seputar dunia blogger, AdSense, Game, Islami dan Jasa pembuatan website SEO Responsive

Posting Komentar untuk "Maskapai Penerbangan Indonesia Terbaik "

Berlangganan via Email