Cara mudah Daftar di link dtks.kemensos.go.id

Cara daftar DTKS kemensos di link dtks.kemensos.go.id kementrian sosial (kemensos) telah membuka program Bantuan Sosial Tunai (BST). Kemensos sebagai penyalur BST terus berupaya agar penerima bansos mendapatkan manfaat dimasa pandemi Covid-19 yang berpengaruh besar terhadap laju ekonomi di Indonesia. Kemensos akan BST Rp.300.000 kepada masyarakat yang Terdaftar dalam data Terpadu Kesejahteraan Soisial (DTKS).

Cara Daftar DTKS Kemensos di Link dtks.kemensos.go.id

Bagi anda yang belum terdaftar dalam DTKS, maka tidak bisa mendapatkan BST Rp.300.000 tersebut. Oleh sebab itu, simak cara pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sebagai mana dikutip pikiranrakyat - depok.com dari laman resmi kemensos.

Persyaratan Peserta DTKS

  1. Warga terdampak  Covid-19 atau kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja (PKH).
  2. Bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, POLRI.
  3. Bukan penerima Bansos lainnya seperti Sembako, bansos non PKH, BLT UMKM, BLT Subsidi gaji, kartu prakerja, dan program lainnya dari pemerintah

Cara Daftar peserta DTKS

  1. Melaporkan diri ke aparat Desa atau kelurahan untuk didata dan diverifikasi ulang, dengan membawa KTP dan KK
  2. Masyarakat yang tidak memiliki KTP ataupun NIK tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu.

Proses Verifikasi dan Validasi

Nantinya, pihak aparat Desa dan kelurahan akan menyampaikan ke Bupati/walikota melalui camat. Pihak Dinas Sosial selanjutnya akan melakukan Verifikasi dan Validasi data. Dalam proses ini, tidak selalu semua usulan valid akan masuk dalam DTKS. Kemudian hasil verifikasi dan Validasi akan dilaporkan ke kementrian Sosial melalui Gubernur. Jika pendaftaran lolos Verifikasi dan Validasi, maka akan terdaftar dalam DTKS, serta berhak mendapat BST Rp.300,000.

Cara Cek Peserta DTKS

  1. Masuk ke laman https://dtks.kemensos.go.id/, kemudian pilih ID (dapat menggunakan Id NIK, ID DTKS, atau nomor PBI JK/KIS).
  2. Masukan nomor induk kependudukan (NIK) dan masukan nama sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ketik ulang kode Captcha pada tampilan, dan klik kata 'cari'
  4. Setelahnya dapat anda melihat apakah anda termasuk ke dalam daftar peserta DTKS, dan berhak menerima program BST. 
Jika ingin mengecek keterdaftaran secara langsung dapat mengunjungi Dinsos Kabupaten/ kota mengenai ketersediaan data.


Layanan Pengaduan 

Jika terdapat pengaduan permasalahan, dapat menghubungi via email ke bansoscovid19@kemsos.go.id . Bisa juga melalui Whatsapp ke nomor 0811-1022-210 layanan whatsapp ini tidak menerima layanan telepon. Anda bisa kirimkan pesan dengan format : nama lengkap (spasi) nomor KTP (spasi) alamat lengkap (spasi) aduan.

No comments:

Powered by Blogger.