12 Tempat Wisata Pulau Wakatobi Yang Luar Biasa Indahnya

Keindahan alam di Indonesia Timur seolah tidak ada habisnya. Salah satu destinasi yang sedang naik daun adalah wakatobi. Wakatobi telah lama menjadi primadona bagi para penyelam dari seluruh dunia karena keindahan alam bawah lautnya. Tidak kurang dari 942 spesies ikan dan 750 spesies karang tercatat menghuni wilayah perairan wakatobi.


Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang ber ibu kota wangi -wangi. Sejak tahun 1996, wakatobi telah ditetapkan sebagai taman nasional Indonesia dan cagar alam dunia untuk biosfer laut oleh UNESCO . Nama wakatobi merupakan akronim dari empat pulau utamanya yaitu wangi - wangi, KAledupa, Tomia, dan Binongko. Selain keempat pulau tersebut, terdapat beberapa pulau kecil lain yang berada di wilayah wakatobi, antara lain pulau hoga, Kapota, Anano, dan Rundumana. Selain dikenal sebagai surga bagi para penyelam, wakatobi juga memiliki destinasi wisata lain yang akan membuat anda terkesima. Mau tahu apa saja?

1. Menyelami Nirwana bawah laut Tomia dan Onemohute


Aktivitas utama saat mengunjungi Wakatobi tidak lain adalah menyelami keindahan bawah lautnya yang spektakuler. Hampir seluruh wilayah perairan wakatobi Bisa anda jadikan tempat menyelam maupun snorkeling. Namun yang paling populer adalah Onemohute di wangi -wangi dan Roma (Roma's Reef) ,di tomia.

Roma's reef merupakan salah satu nama gugusan karang yang terkenal paling sibuk dibandingkan dengan karang lainnya. Berada pada kedalaman 15 sampai 25 meter, anda bisa menyaksikan warna -warni terumbu karang serta barisan ikan yang berenang secara teratur dan hewan -hewan laut indah lainnya. Spot ini juga aman untuk anda yang baru belajar diving. Lokasi diving lain yang menarik di Tomia adalah Cornucopia dan coral garden.

Jangan khawati jika anda belum bisa menyelam, pemandangan alam di atas perairan pun tidak kalah eloknya. Anda bisa sekedar snorkeling ataupun bercengkrama dengan beberapa lumba -lumba yang kerap muncul di atas permukaan. Salah satu tempat terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah di pelabuhan Mola Raya yang dapat dicapai dalam waktu 20 menit dengan perahu sewaan dari kota wanci, wangi-wangi.

2. Menikmati ketenangan Pantai Pulau Hoga


 
Destinasi wisata pantai memang sudah jadi hal yang biasa khususnya di kawasan Indonesia Timur, seperti pantai di Pulau Hoga ini. Pasir putih yang lembut dan beningnya air pantai akan membuat kamu lupa waktu. Pulau Hoga cenderung lebih tenang jika dibandingkan dengan pulau utama lainnya di wakatobi.
Lokasinya yang hanya dipisahkan oleh selat kecil dengan pulau kaledupa menambah keunikan  dari pantai yang satu ini.

Anda bisa mencoba untuk bermalam di Hoga dive Resort dan merasakan sensasi pantai yang seolah milik anda sendiri. Satu hal yang perlu diketahui yaitu, listrik disini hanya tersedia mulai pukul 18.00 hingga 00.00 WIT. Tetapi, apalah artinya listrik jika dibandingkan dengan pemandangan pantai Pulau Hoga, bukan? Karena bebas dari polusi cahaya, maka Pulau Hoga juga bisa jadi tempat stragazing yang menakjubkan, dijamin anda akan susah move on dari pemandangan yang ada disini.

3. Beramah tamah dengan Suku Bajo (Sea Gypsies) sambil cari souvenir di desa pajam, pulau kaledupa


Penduduk lokal wakatobi sudah terkenal dengan keramahannya. Di bagian pesisir pantai Pulau Kaledupa, anda bisa menemui perkampungam Bajo Sampela. Suku Bajo pada dasarnya tersebar di beberapa tempat di wakatobi, contohnya Suku Bajo Mola yang ada di wangi -wangi. Suku Bajo atau yang dikenal dengan sea Gypsies menurut sejarah merupakan suku pengembara laut tertua yang ada di wakatobi. Tidak heran jika pemukimannya selalu berada di wilayah pesisir pantai.

Masuk kebagian daratan Terdapat desa pajam yang merupakan Desa tertua di Wakatobi. Di desa ini, anda bisa menemui para penduduk yang memproduksi kain tenun khas wakatobi. Kain ini cocok dijadikan oleh -oleh liburan anda, yang lebih unik lagi dipulai ini ada desa yang terletak di dalam hutan mangrove, namanya desa Lambo linggae. Penasaran? Jangan lupa mampir kesini.

4. Puncak kahyangan, puncak tomia

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini sangat terkenal dengan keindahannya. Puncak kahyangan yang terletak di pulau Tomia merupakan sebuah bukit rumput yang menyajikan pemandangan spektakuler Wakatobi dari ketinggian. Berjarak 30 menit dari Usuku (Tomia timur), tempat ini menjadi lokasi favorit para fotografer untuk menyaksikan matahari senja. Anda juga bisa bermalam di area berbukitan dan menikmati pemandangan langit berbintang Tomia yang jauh dari polusi cahaya kota. Pada pagi hari, anda akan disambut oleh pemandangan matahari terbit dengan sinarnya yang menghangatkan. Semua pengalaman yang mengesankan ini bisa anda dapatkan di puncak kahyangan.

5.  Pemandian Alam Hendaopa


Pemandian alam Hendaopa terletak di desa Wawotimo, puncak gunung Tomia. Pemandian ini sangat unik karena berbentuk gua yang masuk ke dalam tanah, Dari luar tempat ini tampak seperti lubang biasa, namun ternyata didalamnya terbentuk sebuah kolam air tawar yang jernih dan cantik. Pemandian alam Hendaopa masih belum banyak dikenal oleh para wisatawan, maka tidak heran bila akses ke lokasi ini sangat terbatas.

6. Mandi kolam Enteng Jodoh, Goa Kontamale

Wakatobi cukup terkenal dengan wisata alam goa serta aliran air tanah yang ada didalamnya. Tercatat ada sebanyak 12 Goa yang tersebar di pulau Wangi -wangi, kale dupa, dan Tomia. Salah satu yang populer adalah Goa Kontamale di Wanci, wangi-wangi. Goa ini juga sering disebut sebagai Goa telaga, karena air yang berada dibibir gua menyerupai sebuah telaga.

Di langit - langit goa banyak dijumpai stalagnit yang mempesona. Dengan airnya yang jernih, banyak penduduk yang memanfaatkan goa ini sebagai sumber air untuk mandi dan mencuci. Meskipun demikian, air di goa ini tidak pernah keruh Bahkan katanya mandi disini bisa bikin enteng jodoh, jadi buat anda yang masih jomblo, jangan lupa mampir kesini ya.

7. Danau Sombano, di Tengah Hutan Mangrove

Danau Sombano merupakan danau yang terbentuk dikawasan Hutan Mangrove Pulau Kaledupa. Berbagai jenis tanaman eksotis seperti anggrek dan aneka spesies pandan bisa anda temui disini. Yang tidak kalah menarik adalah penampakan udang merah diatas diatas perairan air payau yang bening. Anda mungkin akan tergoda untuk berenang , namun warga setempat tidak menganjurkannya karena terdapat sebuah legenda tentang buaya hitam Danau Sombano yang dikhawatirkan akan muncul ketika anda berenang di sini. Meskipun tidak dianjurkan untuk berenang, keindahan Danau Sombano tetap memukau siapapun yang mengunjunginya.

8. Berkunjung ke pulau seribu penyu, Pantai Anano

Pulau yang memiliki julukan Pulau Seribu Penyu ini merupakan pulau kecil tidak berpenghuni di wakatobi. Dinamakan seribu penyu karena disinilah lokasi koloni penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur.
Pantainya juga sangat indah dengan pasir putih yang halus dan air pantai yang sangat bening, jadi dijamin anda akan betah berlama -lama disini, jangan lewatkan juga pemandangan matahari tenggelam di Pantai Anano yang bisa membuat anda kagum.

9. Hip-Hip hura Main Air Di Pantai Cemara

Pantai cemara tergolong salah satu pantai yang cukup modern di Wakatobi, Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Pulau wangi-wangi. Fasilitas umum untuk para wisatawan Juga cukup lengkap, disini anda bisa menemukan warung makan dengan mudah untuk sekedar mengisi perut yang lapar, Buat anda yang belum bisa menyelam, disini terdapat kursus  menyelam yang siap mengajari anda, selain itu juga bisa banyak melakukan permainan air seperti banana boat yang seru dan menyenangkan.

10. Melihat para Pengrajin besi di Pulau Binongko


Seperti layaknya pulau -pulau lain di wakatobi, Pulau Binongko juga terkenal sebagai spot untuk menyelam dan snorkeling. Disamping itu, sebagian besar desa di pulau binongko juga terbilang masih tradisional. Pulau binongko dikenal dengan keahlian para pandai besinya yang mampu menciptakan berbagai macam peralatan besi dan baja dengan kualitas yang dapat diandalkan. Produk besi dan baja dari pulau ini bahkan bisa jadi merupakan yang terbaik di Indonesia, berkat keramahan warganya, anda juga bisa melihat langsung proses penukangan besi dan baja di sini.

11. Hutan sakral pulau wakatobi di Hutan Lindung Tindoi

Hutan Tindoi merupakan salah satu hutan lindung yang dikeramatkan oleh warga masyarakat di tempat desa yaitu,; Desa Posalu, Desa waginopo, Desa Tindoi dan desa Tindoi timur, di kecamatan wangi -wangi. Hutan ini terletak di ketinggian 800 m dari permukaan laut dan berjarak sekitar 10km dari kota wanci. Disini anda akan banyak menemukan tumbuhan khas hujan tropis yang eksotis dan menyejukan. Pepohonan yang besar juga menambah kesegaran suasana hutan ini.

12. Makan enak di Wasabinua Resto dan wisata kuliner Tradisional Wakatobi


Ingin menikmati suasana makan dengan Pemandangan pantai Wakatobi yang memukau ? Datang saja ke wasabinua Resto.
Wasabinua Resto dan Coffee berada di atas pulau batu karang kecil yang unik. Menu makanan yang ditawarkan sebagian besar merupakan masakan seafood ala Asia yang lezat.

Tidak hanya bisa menikmati makanan dan minuman yang enak, anda juga akan disuguhkan oleh pemandangan alam wakatobi yang menakjubkan.

Jangan lewatkan pula kuliner lokal tradisional pulau wakatobi yang bisa Anda jumpai di warung - warung makan. Diantaranya yang wajib anda coba adalah kusami, parende, dan laluta yang cita rasanya yang pasti akan bikin anda ketagihan.

Bonus: Beragam Festival Tahunan di Wakatobi

Festival tahunan wakatobi

Minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk kunjungan ke Wakatobi yang terus meningkat membuat pemerintah aktif melakukan promosi pariwisata melalui beragam festival tahunan. Di antaranya yang populer adalah Wakatobi wave Festival yang diadakan setiap bulan November. Berpusat di pulau wangi-wangi, anda dapat menyaksikan kekayaan budaya khas wakatobi melalui tarian tradisional, makanan tradisional, permainan rakyat, musik dan karnaval pakaian di festival yang di adakan selama satu minggu ini.

Festival yang tidak kalah menarik adalah sail Indonesia. Sail indonesia merupakan salah sati event internasional untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.Para wisatawan akan melakukan pelayaran kunjungan ke beberapa pulau, salah satunya adalah wakatobi. Selain menikmati keindahan alam sekitar, para wisatawan juga akan disuguhi dengan berbagai macam upacara.

Ada juga Festival Barata Kahedupa yang dilaksanakan setiap bulan September, Acara inti Barata kahedupa adalah karia. Yang dalam bahasa setempat berarti kemeriahan. Salah satu ritual yang menarik adalah ritual porimbi - rimbia atau tradisi pra -perjodohan untuk anak laki - laki dan perempuan. Dalam ritual ini orang tua dari anak laki-laki akan mengunjungi orang tua anak perempuan bersama dengan prosesi persembahan makanan, tanaman pangan dan uang yang di tujukan sebagai bentuk awal pengajuan permohonan meminang . 

Keduabelas destinasi wisata diatas tentunya masih sebagian kecil dari apa yang anda bisa temui secara langsung di wakatobi. Tidak hanya menyuguhkan sajian pemandangan alam yang luar biasa indahnya, wakatobi juga menghadirkan keramahan penduduknya dengan berbagai kearifan lokal dan ragam budaya yang mengagumkan. Sebuah harta karun yang terpendam di Bumi indonesia Timur, sekarang apakah Anda sudah siap menjelajahi Wakatobi.

No comments:

Powered by Blogger.