Strategi Trading: Saham LQ45 Terbaru

Saham LQ45 adalah salah satu indeks saham unggulan di Indonesia, di mana saham2 LQ45 berisi daftar 45 saham paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI). Setiap 6 bulan sekali, saham-saham LQ45 diperbaharui. Anda bisa baca pos saya disini untuk detailnya: Daftar Saham Indeks LQ45 Terbaru. 

Artinya, ada beberapa saham yang dikeluarkan dari saham LQ45. Dan diganti dengan beberapa saham baru yang dianggap memenuhi kriteria LQ45. Biasanya sekitar 3-4 saham akan diperbaharui di indeks saham LQ45. 

Saya juga seringkali share baik di web Saham Gain maupun di grup FB Saham Gain ketika indeks saham LQ45 diperbaharui. Dari situlah, saya beberapa kali menerima pertanyaan dan beberapa pembaca:

"Pak Heze kalau ada saham LQ45 yang baru masuk, apakah bagus untuk ditradingkan? Apakah ada potensi naik cepat?"

Tentu tidak ada jawaban hitam putih untuk pertanyaan ini, karena berdasarkan yang saya amati, saham-saham pendatang baru LQ45 tidak selalu naik. 

Namun banyak juga saham-saham yang baru menjadi pendatang di Indeks LQ45 harganya bisa naik tinggi. Jadi, saham2 pendatang baru sebenarnya bisa menjadi peluang anda untuk mendapatkan profit. 

Misalnya yang pernah saya temukan seperti saham BRPT, PWON, ACES yang harganya langsung naik drastis dalam sehari setelah menjadi anggota baru LQ45. Beberapa waktu lalu, saham ACES, TOWR dan TBIG masuk di Indeks LQ45. Apa yang terjadi dengan ketiga saham tersebut setelah menjadi anggota baru LQ45? Anda bisa lihat grafiknya masing-masing: 

Saham ACES

Saham TBIG

Saham TOWR
Setelah menjadi anggota baru LQ45, saham ACES langsung naik 9% sehari! Anda bisa lihat candle terakhirnya (tanda lingkaran), di mana candle hijau ACES sangat panjang, menunjukkan kenaikan harga saham yang sangat tinggi di hari itu. 

Sangat jarang saham ACES bisa naik 9% sehari. Pada saat itu tidak ada sentimen apapun di saham ACES, bahkan IHSG sedang merah padam, tapi ACES bisa naik 9%. Yup, hal ini dikarenakan ACES masuk sebagai anggota baru LQ45, sehingga sahamnya banyak diborong trader. 

"Darimana Pak Heze bisa tahu kalau ACES naik karena jadi anggota LQ45?"

Karena kejadian2 seperti ini tidak hanya terjadi sekali, dan sudah sering terjadi di saham2 yang menjadi pendatang baru LQ45 di hari pertama. 

Lalu bagaimana dengan dan TBIG dan TOWR? Ternyata saham TBIG harganya justru turun (lihat chart diatas, tanda lingkaran) sedangkan TOWR harganya naik tapi hanya naik sangat tipis (rentang 830-845 saja). 

Apa yang bisa kita pelajari dari saham-saham pendatang baru LQ45 ini? 

Poin pentingnya adalah saham-saham pendatang baru LQ45 memiliki peluang untuk naik tinggi pasca pembaharuan indeks LQ45. Di sisi lain, tidak semua saham pendatang baru LQ45 pasti akan naik.  

Kalau anda ingin memanfaatkan peluang profit dengan membeli saham2 LQ45 terbaru, maka anda bisa mempertimbangkan beberapa strategi berikut: 

1. Pilih saham yang paling likuid (naik-turunnya paling terlihat)

Sebagai contoh saham ACES adalah saham yang paling likuid, dan punya fluktuatif yang lebih cepat dibandingkan TBIG dan TOWR. Saham-saham yang lebih likuid (mudah naik-turun dan tidak stagnan), umumnya harganya akan lebih mudah diangkat oleh trader dibandingkan saham2 yang geraknya lambat. 

Dalam hal ini, anda memang butuh pengalaman pribadi untuk sering mengamati pergerakan harga saham, analisa chart, supaya anda bisa melihat saham2 yang cenderung lebih likuid dan tidak. 

2. Pilih saham yang harganya lagi murah secara teknikal 

Tidak semua saham yang masuk LQ45 adalah saham-saham yang harganya sedang diskon secara teknikal. Kalau harga saham saat itu sudah naik tinggi, maka sangat mungkin saham tersebut akan sulit untuk naik. 

Hal ini terlihat pada saham TOWR dan TBIG. Anda bisa perhatikan bahwa kedua saham tersebut harganya sudah naik tinggi sebelumnya, sehingga kemungkinan pelaku pasar tidak terlalu tertarik untuk mengangkat kembali harganya lebih tinggi, walaupun keduanya menjadi anggota baru saham2 LQ45. 

Anda bisa pelajari juga cara memilih saham murah disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

3. Tetap lakukan analisa teknikal 

Walaupun banyak saham yang diangkat harganya (selama 1-2 hari) setelah menjadi anggota baru LQ45, bukan berarti anda bisa langsung membeli sahamnya. 

Anda harus tetap melakukan analisa teknikal, mengamati pergerakan chart, termasuk lakukan analisa2 seperti poin pertama dan kedua, agar anda bisa memutuskan dengan lebih jernih, apakah saham tersebut layak dibeli secara teknikal atau tidak. 

"Pak Heze memang apa alasannya saham yang baru masuk LQ45 kok terkadang harganya bisa naik tinggi?" Tanya anda penasaran. 

Sebenarnya lebih ke arah EUFORIA PASAR saja sih. Sama sekali nggak ada hubungan dengan fundamental perusahaan. Saham2 yang bisa masuk di LQ45 ibaratnya adalah sentimen positif untuk saham tersebut. 

Tapi yang namanya euforia, biasanya tidak akan bertahan lama. Maka dari itu, kalau anda ingin trading di saham2 LQ45 pendatang baru, setelah harganya berhasil naik tinggi, alangkah baiknya anda pertimbangkan untuk take profit di hari yang sama atau keesokan harinya. 

Karena setelah masa euforia habis, harganya akan cenderung turun (kalau saham sudah naik tinggi sehari, biasanya besok langsung cenderung turun)

Semoga pos ini menjawab pertanyaan rekan2 mengenai strategi trading di saham-saham LQ45 pendatang baru. Salam profit.. 

No comments:

Powered by Blogger.