Belajar Analisis Fundamental Saham

Dua analisis utama yang harus anda kuasai sebagai modal untuk mendapatkan profit adalah: Analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis teknikal banyak mempelajari cara-cara membaca grafik untuk trading jangka pendek. 

Namun anda yang ingin menjadi INVESTOR SAHAM jangka panjang, anda harus mendalami lebih banyak tentang analisis fundamental. Analisis fundamental tidak boleh dipelajari asal-asalan, karena hal ini nantinya akan menentukan keputusan anda untuk membeli saham yang akan anda simpan jangka panjang. 

[Miliki juga materi dan praktik belajar analisis fundamental saham, dan panduan memilih saham untuk investasi jangka panjang disini:  Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert (352 halaman).]

Banyak investor saham yang masih bingung cara belajar analisis fundamental saham: Apa yang harus dipelajari? Harus mulai dari mana? Disini, saya ingin memberikan ulasan-ulasan tentang apa saja yang perlu anda pelajari dalam analisis fundamental. Langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam belajar analisis fundamental yaitu: 

1. Membuka rekening saham

Sebelum anda bisa membeli / investasi saham, tentu saja anda harus membuka rekening saham terlebih dahulu. Membuka rekening saham bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor sekuritas.

Panduan membuka rekening saham, tidak akan kita bahas di pos ini, karena sudah saya bahas di ebook free yang bisa anda pelajari disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Belajar analisis fundamental

Setelah anda membuka rekening saham, anda bisa mulai membeli Hal-hal yang perlu anda pelajari dalam analisis fundamental 

- Mempelajari analisis kualitatif, yaitu pelajari produk2 perusahaan, ketersediaan produk perusahaan, brand, tata kelola dan segala hal tentang keunggulan kompetitif perusahaan. 

- Mempelajari analisis sektoral, yaitu pelajari cara menganalisa perusahaan di tiap2 sektor dan prospek sektor usaha tersebut. 

- Mempelajari ekonomi makro, yaitu mempelajari kondisi ekonomi Indonesia & dunia, politik, IHSG, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan hal2 lain yang sifatnya makro. 

- Mempelajari laporan keuangan, yaitu mempelajari 

- Mempelajari valuasi saham, yaitu memahami cara menilai wajar tidaknya harga saham untuk diinvestasikan jangka panjang. 

Belajar analisis fundamental bisa anda pelajari praktik-praktiknya disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert (352 halaman). Ebook ini dikhususkan untuk anda yang ingin belajar analisis fundamental, plus mencari saham2 yang layak investasi jangka panjang dengan cara yang mudah, benar dan simpel. 

Jadi, pada materi ebook analisis fundamenta, anda sudah mendapatkan semua materi dan praktik yang dibutuhkan untuk investasi dan memilih saham bagus. 

Analisis-analisis yang saya sebutkan diatas tadi, harus anda pahami jika anda ingin bisa memilih dan berinvestasi saham dengan benar. 

3. Mendalami laporan keuangan perusahan 

Salah satu inti analisis fundamental adalah: Laporan keuangan perusahaan. Investasi saham berarti anda harus memilih perusahaan yang punya kinerja baik dan cemerlang di sektornya. Dari mana anda bisa tahu kinerja perusahaan?

Tentu saja dari laporan keuangannya. Jadi, kalau anda belajar analisa fundamental, anda perlu memperdalam pemahaman anda tentang laporan keuangan, bukan hanya sekedar bisa membaca 'kulitnya' saja. 

Anda bisa pelajari tulisan saya disini: Cara Membaca Laporan Keuangan Saham. Jadi ingatlah, karena anda membeli saham perushaaan, artinya anda harus mengerti kinerja perusahaan yang mau anda investasikan. 

Dalam hal ini, pahami laporan keuangan. Kecuali kalau anda trader forex misalnya, tentu anda tidak perlu mendalami laporan keuangan perusahaan, karena instrumen yang diperdagangkan berbeda.

Memahami laporan keuangan tidaklah sulit dan rumit, asalkan anda mau memulai secara bertahap. Hilangkan anggapan bahwa laporan keuangan itu hanya bisa dipahami oleh orang2 yang punya basic ekonomi.  

3 . Pelajari strategi manajemen modal, nabung saham dan diversifikasi

Investasi saham juga identik dengan manajemen modal. Anda harus mempelajari bagaimana cara memasukkan modal yang benar di saham, dan diversfikasi yang baik. 

Saran saya, kalau anda pemula, mulailah investasi di satu saham dulu, yaitu beli saham2 yang kinerjanya bagus dan mapan. Jangan nekad investasi di 2 atau bahkan 3-4 saham, padahal modal anda juga masih terbatas.

Modal untuk investasi saham juga harus anda sesuaikan. Gunakan modal sekitar Rp1-3 juta terlebih dahulu. Buat anda yang belum punya modal besar, anda bisa gunakan sistem nabung saham. Baca juga: Penjelasan dan Cara Menabung Saham. 

Itulah langkah-langkah dan hal-hal yang harus anda pelajari ketika anda ingin belajar analisis fundamental. Miliki praktik2 analisis fundamental berikut: Ebook Investasi Saham. 

Sebagai tambahan, gi dalam investasi saham, anda harus memiliki orientasi dan tujuan jangka panjang (diatas satu tahun). Jadi, pilihlah perusahaan yang punya kinerja baik, dan jangan menjual saham hanya karena saham tersebut baru naik 1-2 minggu. 


No comments:

Powered by Blogger.