Cara Mencari Jumlah Saham Beredar di Laporan Keuangan

Kalau anda mau mencari data berapa jumlah saham yang beredar, anda bisa mencarinya melaui situs www.IDX.co.id. Anda bisa baca langkah2nya disini: Cara Mendapatkan Jumlah Saham Beredar & Diperdagangkan. 

Tapi ada cara lain untuk mengetahui berapa jumlah saham beredar pada laporan keuangan perusahaan. Yap, jadi anda sebenarnya juga bisa mencari berapa jumlah saham beredar perusahaan melalui laporan keuangan. 

Bagaimana caranya? Berikut langkah2 cara mencari jumlah saham beredar di laporan keuangan: 

1. Pertama kalau anda belum punya laporan keuangan perusahaan, anda bisa download laporan keuangan melalui situs www.idx.co.id. Cara download laporan keuangan melalui situs IDX, bisa anda baca langkah2nya disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan.  

2. Untuk mengetahui berapa jumlah saham beredar perusahaan di laporan keuangan, anda bisa cari pada Laporan Posisi Keuangan --> Ekuitas. Sudah nemu? 

3. Saya pakai contoh laporan keuangan UNVR. Tampilan laporan ekuitas pada laporan posisi keuangan seperti dibawah ini: 


Klik gambar untuk memperbesar

4. Jumlah saham beredar itu ada di akun Modal Saham , ditempatkan di disetor penuh (perhatikan tanda lingkaran diatas). Jumlah 7.630.000.000 saham biasa itulah merupakan jumlah saham beredar perusahaan. 

Di laporan keuangan yang lain pun cara mencari jumlah saham beredar caranya sama. Jadi anda masuk ke laporan posisi keuangan, lalu lihat bagian ekuitas perusahaan. Cari angka Modal Saham ditempatkan di disetor penuh. 

So, cari jumlah saham beredar pada laporan keuangan caranya simpel sekali, dan semua sudah tersedia di laporan keuangan. 

No comments:

Powered by Blogger.